ASSALAMUALAIKUM ...... SELAMAT DATANG DI

GORESAN GARIS LURUS



Cari Blog Ini

Kamis, 07 Maret 2013

Ada Fobia sosial atau Agoraphobia di Drama Korea???


Yup,, kemaren baru liat drama korea ne,,, judulnya Flowers before next door, awalnya keliatan nggak menarik. Tapi setelah nonton W-A-W deh buat ne drama, khususnya untuk anak PSIKOLOGI. Kenapa ,,, ?? secara dramanya dapat jadi contoh kasus buat kita mempelajari si tokoh utama wanitanya yang mengalami gangguan nggak berani ketemu sama orang lain dan nggak berani keluar rumah… Yah jadi mesti buka buku lagi ne… cari tahu apa yang terjadi sebenarnya,, karena otakku berputar ke masa sebelumnya yang bilang kalau cerita ini ada kaitanya sama agoraphobia ataupun phobia social.
Sebelumnya mending kita cek dulu, teori  fobia itu seperti apa.. let’s check it out!
APA ITU FOBIA?
Kata “phobia” berasal dari istilah Yunani “phobos” yang berarti lari (fight), takut dan panik (panic-fear), takut hebat (terror). Istilah ini dipakai sejak zaman Hippocrates. Fobia adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena yang tidak masuk akal dan dapat mengganggu keadaan penderitanya.
Sementara menurut Jasper (1923) mengungkapkan bahwa fobia adalah rasa takut yang sangat dan tidak dapat diatasi terhadap suatu keadaan dan tugas biasa. Ross (1937) mengemukakan fobia adalah rasa takut yang khas yang disadari oleh penderita sebagai suatu hal yang tidak masuk akal, namun tidak dapat mengatasinya. Dan Errera (1962) mengemukakan fobia adalah rasa takut yang selalu ada terhadap suatu benda yang dalam keadaan biasa tidak menimbilkan rasa takut.
Sementara itu jenis-jenis dari fobia itu sendiri terbagi kedalam 3 jenis, yaitu :
·         Fobia khusus yaitu ketakutan irasional terhadap obyek atau situasi tertentu yang sangat mengganggu fungsi fungsi kehidupan sehari-hari.
·         Fobia sosial yaitu ketakutan dan perilaku menghindar yang ekstrim, menetap, dan irasional terhadap situasi-situasi sosial atau yang melibatkan fermorma.Fobia sosial lebih dari sekedar sikap pemalu yang berlebihan.
·         Agoraphobia yaitu sebagai kecemasan atau ketakutan yang terjadi dikarenakan kesulitan untuk melarikan diri dari situasi yang sulit, ataupun ketakutan dikarenakan tidak adanya bantuan dalam situasi panik. Dimana kriteria penting dari agoraphobia itu sendiri adalah penghindaran terhadap situasi.
KRITERIA FOBIA MENURUT DSM
Fobia Khusus
·         Ketakutan yang terlihat menyolok dan persisten, yang eksesif dan tidak masuk akal terhadap objek atau situasi tertentu (misalnya, ketinggian, binatang, darah, dll), yang brlangsung setidak0tidaknya selama 6 bulan.
·         Respons cemas dan ketakutan ketika menghadapi objek atau situasi yang fobik.
·         Menyadari bahwa ketakutannya eksesif dan tidak masuk akal atau distres yang menyolok karena memiliki fobia yang dimaksud.
·         Situasi atau objek yang fobik dihindari atau dihadapi dengan kecemasan atau distres yang intens.
Fobia Sosial
·         Ketakutan berat terhadap sebuah situasi sosial atau situasi yang terkait berhubungan dengan performa, yang membuatindividu harus berhadapan dengan orang-orang yang tidak dikenalnya atau menghadapi kemungkinan diamati orang lain, takut bahwa  dirinya akan dipermalikan atau dihina.
·         Keterpaparan pada situasi sosial hampir selalu membangkitkan kecemasan, kadang-kadang dalam bentuk serangan panik.
·         Kesadaran bahwa ketakutan itu berlebihan dan tidak masuk akal.
·         Situasi sosial atau peforma yang ditakuti dihindari taau dijalani dengan anxietas atau distres yang intens.
·         Perilaku menghindar, antisipasi yang penuh kecemasan, atau distrews secara signifikan mengganggu kehidupan dan kemampuan untuk berungsi secara hebat.
Agorafobia
·         Ketakutan yang berlebihan dan terus-menerus pada individu karena suatu obyek atau situasi tertentu.
·         Perasaan cemas, takut atau panik terjadi setelah individu menghadapi obyek atau situasi yang ditajutinya.
·         Individu cenderung menghindari objek atau situasi yang ditakuti atau jika tidak menghindarinya maka individu tersebut akan mengalami ketidaknyamanan.
·         Ketakutan individu, kecemasan, atau penghindaran menyebabkan distress yang signfikan.
·         Pada anak-anak berusia dibawah 18 tahun, setidaknya butuh waktu 6 bulan untuk mendiagnosa bahwa dia mengalami fobia khusus.
Nah, klo udah pada baca kriteria DSM Fobia yang ada ne,, berikutnya sebaiknya sobat garis lurus cek dramanya ya, biar bisa ngamatin termasuk ke katagori mana thu fobia yang dialami dalam drama ini, praktek langsung dengan ngamatin kan lebih asyik dibanding teori yang dihafal dalam semalam tapi besoknya hilang... ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar